6 Tips Sederhana Membuat Desain Kantor dengan Konsep Open Space, Yuk Coba!

Desain Kantor dengan Konsep Open Space

Ruangan kantor merupakan tempat khusus yang dibuat sebagai sarana untuk melakukan aktivitas kerja. Dalam lingkup pekerjaan, energi dan pikiran saja tidaklah cukup untuk menunjang produktivitas kerja. Ruangan atau tempat kerja yang nyaman pun ternyata memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan produktivitas dan kinerja seorang karyawan.

Tak heran gedung-gedung perkantoran yang ada di kota besar, kini seakan berlomba untuk menghadirkan konsep yang unik dan menarik. Salah satu konsep yang saat ini paling sering digunakan adalah konsep open space. Open space atau konsep ruangan terbuka merupakan tatanan desain interior yang menekankan pada nuansa terbuka yang modern dan simpel. Hampir setiap desain kantor, kini sudah mengubah konsep ruangannya menggunakan konsep open space yang menarik ini.

Meskipun terkesan mudah, namun dalam membuat desain kantor dengan konsep open space ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Perlu diingat, open space bukan berarti nuansa terbuka saja, untuk menghadirkan kenyamanan diperlukan penataan yang tepat. Nah, jika kamu tertarik untuk membuat desain kantor dengan konsep open space, berikut tips-tips sederhana yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut!

Tips Membuat Desain Kantor dengan Konsep Open Space

Tak perlu repot membuat penataan yang rumit, dengan tips sederhana berikut ini dijamin kamu akan sukses membuat desain kantor dengan konsep open space. Ini dia tipsnya!

1. Buat Ruangan Menjadi Terbuka Tanpa Adanya Sekat

Desain Kantor dengan Konsep Open Space

Seperti namanya open space yang berarti ruang terbuka, maka kamu pun harus membuat ruangan terbuka dengan tanpa adanya sekat di dalam ruangan. Meskipun beberapa orang beranggapan bahwa tanpa adanya sekat akan menghilangkan privasi, namun faktanya penataan terbuka seperti ini justru akan menciptakan suasana yang hangat dan akrab antara karyawan yang satu dengan yang lainnya.

Khusus untuk ruangan-ruangan khusus seperti ruang departemen finance, ruang pimpinan dan ruangan lainnya yang membutuhkan privasi kamu bisa menggunakan sekat yang terbuat dari material kaca dengan kusen aluminium. Dengan demikian beberapa ruangan tetap mendapatkan privasi, tanpa harus menghilangkan unsur konsep ruang terbuka.

2. Gunakan Material yang Bersifat Fleksibel dan Ramah Lingkungan

Desain Kantor dengan Konsep Open Space

Seperti yang telah disebutkan di atas, kamu bisa menggunakan sekat yang terbuat dari material kaca dengan kusen aluminium. Hal ini karena kaca dan aluminium merupakan material yang bersifat fleksibel dan tentunya ramah lingkungan. Perlu diingat konsep open space tidak asal terbuka saja, namun tetap harus memperhatikan aspek keamanan serta kenyamanan bagi lingkungan sekitar dan orang-orang yang ada di dalamnya. Maka dari itu pilihlah sebaik mungkin jenis material yang digunakan. Pastikan bahwa setiap material termasuk ke dalam golongan bahan bangunan yang berkualitas dan ramah lingkungan.

3. Pastikan Ruangan Memiliki Pencahayaan dan Sirkulasi Udara yang Baik

Desain Kantor dengan Konsep Open Space

Konsep ruang terbuka membutuhkan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Maka kamu pun bisa memastikannya dengan cara menghadirkan jendela menggunakan kaca dengan kusen aluminium yang berukuran besar. Perlu kamu ketahui, bahan aluminium memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu panas sehingga kamu tak perlu khawatir udara di dalam ruangan akan terasa panas saat mendapatkan pencahayaan langsung dari sinar matahari. Dengan adanya pencahayaan serta sirkulasi udara yang baik, maka ruangan open space pun akan menjadi sehat dan semakin nyaman untuk dihuni.

4. Susun Perlengkapan Kantor dengan Rapi

Desain Kantor dengan Konsep Open Space

Ruangan terbuka tidak memiliki sekat sehingga keadaan ruang kantor akan terlihat dengan jelas, untuk itu kamu harus menyusun perlengkapan kantor dengan rapi. Mulai dari posisi meja dan kursi hingga peletakan lemari tempat dokumen semua harus diletakan dengan tepat.

5. Gunakan Perpaduan Warna yang Serasi

Desain Kantor dengan Konsep Open Space

Untuk menghilangkan kesan yang monoton, kamu harus bisa menggunakan perpaduan warna yang serasi. Jika menyukai warna yang netral, kamu bisa memadukan warna hitam dengan putih dan jika kamu menyukai warna yang cerah maka bisa memadukan warna hijau dengan kuning atau warna biru dengan putih.

6. Hadirkan Aksesoris Ruangan

Penataan ruang terbuka akan terihat semakin cantik dengan adanya aksesoris ruangan. Kamu bisa menggunakan hiasan dinding seperti pajangan kata-kata motivasi, atau bisa juga menghadirkan beberapa tanamanan hias di dalam pot. Dijamin nuansa terbuka akan semakin membuat nyaman dan sedap dipandang mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *