Tips Ciptakan Ruang Tamu Klasik

Dewasa ini, perhatian terhadap gaya interior merupakan trend tertentu yang cukup digandrungi oleh sebagian besar masyarakat, bahkan saat ini banyak muncul kontraktor interior yang memiliki kemampuan khusus untuk mendesain interior. Banyak jenis gaya yang kemudian kerap diterapkan untuk mendesain interior terutama interior hunian pribadi. Salah satu gaya yang cukup populer dan sering digunakan oleh masyarakat umum adalah gaya klasik.

Ruang Tamu Klasik

Gaya klasik merupakan gaya interior yang sudah populer sejak ratusan tahun yang lalu, gaya klasik identik dengan glamoritas dan tingkat elegan yang tinggi. Salah satu ruang yang dianggap paling sesuai diterapkan gaya klasik adalah ruang tamu.

Tips Desain Interior Klasik Untuk Ruang Tamu

Ruang tamu yang didesain menggunakan gaya klasik akan memberikan kesan yang mewah dan memberikan kenyamanan terhadap tamu. Adapun tips untuk menciptakan gaya klasik pada ruang tamu di antaranya:

1. Detail

Gaya klasik terkenal dengan gaya yang memunculkan detail yang tinggi. Karenanya masukanlah unsur detail yang cukup banyak di ruang tamu Anda agar kesan klasik semakin muncul. Detail yang dapat Anda terapkan terhadap ruang tamu Anda dapat melalui motif di lis dan plafon, pada tiang yang berukir, lemari yang berukir dan semua jenis furnitur lainnya yang kesemuanya menggunakan ukiran. Dalam mengaplikasikan ukiran atau detail jenis lain, tentu Anda harus memperhatikan komposisi yang proporsional. Jangan sampai detail yang Anda aplikasikan justru mengganggu interior.

2. Warna ruang tamu serta warna perabotan

Warna interior klasik adalah warna yang memunculkan kesan elegan, glamor namun alami. Warna tersebut dapat Anda terapkan pada warna ruangan dan warna perabotan. Warna-warna yang dapat Anda dan kontraktor interior Anda aplikasikan pada ruang tamu Anda adalah warna coklat tanah, krem, sedikit aksen merah, ungu dan hitam. Warna ruangan juga dapat didukung menggunakan cahaya lampu seperti warna kuning yang hangat atau putih yang menyejukkan.

3. Cermin

Cermin merupakan salah satu aksesoris gaya klasik yang sangat mampu memunculkan kesan klasik pada ruang tamu. Aplikasikanlah cermin yang memiliki bingkai dengan ukiran detai dan motif tertentu yang mewakili kesan klasik. Masukanlah cermin yang memiliki ukuran yang cukup besar agar dapat mendominasi ruangan dengan cukup kuat. Gunakanlah cermin yang memiliki warna bingkai klasik seperti cokelat atau gold.

4. Aksesoris

Gaya klasik merupakan gaya yang memiliki ciri khas tertentu yang tidak dimiliki gaya lain, yaitu aksesoris yang penuh. Anda dapat memasukan beberapa aksesoris pada ruang tamu Anda yang dapat mewakili gaya klasik. Beberapa contoh aksesoris yang dapat Anda aplikasikan adalah lampu gantung, lukisan dengan bingkai yang bermotif, vas bunga atau guci yang tinggi dan lain-lain.

5. Gorden

gorden klasik mewah

Aplikasikanlah gorden yang memiliki ukuran yang besar dan berat. Gorden seperti ini adalah gorden yang terbuat dari kain yang besar dan berat serta jatuh seperti beludru. Pilih pula warna gorden yang mewah seperti cokelat dengan akses ungu dan merah.

6. Masukan aksen kuno pada ruang tamu

Anda dan kontraktor interior Anda dapat memasukan aksen-aksen kuno pada ruang tamu Anda untuk ciptakan desain klasik yang semakin kuat karena gaya klasik merupakan gaya yang berusia cukup tua sehingga cocok jika dimasukan kesan-kesan kuno. Kesan kuno pada desain klasik bukanlah kesan kuno seperti pada desain retro yang pop, kesan kuno pada desain klasik lebih kepada kesan desain kerajaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *