Wajib Tahu! Langkah-langkah Tepat untuk Pemasangan Karpet Berbahan Tile

Pemilihan karpet tile untuk lantai, seringkali menjadi opsi pertama dari jenis karpet lainnya. Selain karena bentuknya yang mirip keramik ataupun ubin, karpet berbahan tile punya tampilan yang simpel namun tetap elegan. Pola atau motif dari karpet ini, juga menambah kesan ramai sehingga membuat ruangan terkesan ngga monoton.

Pemasangan Karpet Berbahan Tile

Nah untuk pemasangannya, karpet ini biasa digunakan untuk area yang luas. Contohnya seperti aula, ballroom, ruang meeting, dan ruangan yang luas lainnya. Meski begitu, karpet tile ini juga bisa loh dipasang untuk hunianmu. Biasanya, pemasangan di ruang tamu sehingga memberikan kesan mewah. Apalagi karpet berbahan tile juga punya kelebihan dalam perawatan serta pemasangannya yang mudah.

Teknik Pemasangan Karpet Berbahan Tile

Teknik Pemasangan Karpet Berbahan Tile

Memiliki bentuk persegi yang mirip dengan ubin ataupun keramik, membuat pemasangan karpet jenis tile ini mudah dilakukan. Namun sedikit beda dari karpet kebanyakan, karena karpet jenis tile telah memiliki pelapis underlayer. Sementara beberapa karpet roll lain harus dipakaikan terlebih dulu lapisan tersebut. Dengan ukuran kurang lebih 50 cm x 50 cm, karpet ini biasa dipasang dalam bentuk satuan.

Untuk teknik yang digunakan dalam pemasangan, ada 2 cara yang bisa kamu lakukan. Yakni memakai teknik dengan pengeleman dan tanpa pengeleman. Pada teknik pengeleman, lem hanya digunakan untuk beberapa bagian lantai dan tidak menyeluruh. Tentu saja, teknik ini sangatlah mudah untuk diterapkan tanpa harus menggunakan jasa pemasangan.

Langkah-langkah Pemasangan Karpet Dengan Bahan Tile

Pemasangan Karpet Dengan Bahan Tile

Ingin memasang karpet jenis tile sendiri tanpa bantuan ahli? Jika ingin memasang karpet dengan bahan tile secara mudah, anda bisa loh menerapkan langkah langkah di bawah ini! Tapi pastikan dulu bahwa kamu sudah menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan. Misalnya seperti halnya cutter, screed, acian, penggaris, serta penggaris. Alat-alat ini nantinya akan mempermudah pemasangan karpet untuk lantai hunianmu.

1. Periksalah kondisi lantai sebelum dilakukan pemasangan karpet. Pastikan bahwa tidak ada keretakan, permukaan rata, serta dalam keadaan bersih, karena pemasangan karpet ini haruslah pada lantai yang benar-benar dalam kondisi baik, untuk mendapatkan hasil yang rapi dan bertahan lama.

2. Pastikan lantai dalam keadaan kering dan tidak lembab agar terhindar dari munculnya jamur. Misalnya saja untuk area basement yang cenderung lembab. Tentu saja pertumbuhan jamur ini bisa membuat karpetmu tidak bertahan lama. Serta kelembabannya bisa mengganggu proses pemasangan.

3. Lakukan penambalan jika ditemukan ada keretakan lantai. Selanjutnya, kamu perlu mengaplikasikan screed yang digunakan untuk meratakan lantai. Sementara untuk lantai berbahan beton, penggunaan screed dan acian juga sangatlah penting sebagai perata.

4. Tentukan pola karpet sesuai keinginanmu. Nah, biar ngga berantakan, pemakaian selotip bisa kamu jadikan pembatas. Jangan lupa juga pastikan bahwa pengukuran telah dilakukan secara tepat. Agar nantinya kamu tidak harus memotong ulang karpet atau justru hasil pemotongan kurang lebar.

5. Potonglah pinggiran karpet jika ternyata ukurannya ngga sesuai dengan lebar lantai. Gunakanlah cutter tajam agar hasil potongan tetap halus merata tanpa merusak pinggirannya. Kamu juga bisa menggunakan bantuan penggaris agar hasil potongan lurus dan rapi.

Cukup mudah bukan cara pemasangannya? Nah, kemudahan pemasangan karpet ini, juga menjadi salah satu alasan pemilihan karpet berbahan tile. Ditambah lagi banyak distributor yang memberikan harga karpet tile murah, sehingga tepat buat kamu yang punya budget pas-pasan. Tapi pastikan juga bahwa karpet yang kamu pilih punya kualitas yang baik agar ngga cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *